Miscommunication

Hari ini terjadi pertengkaran kecil. Hanya karena salah pengertian. Siapa yang salah? Aku tak mau menyalahkan siapa pun.


Kung telepon aku menanyakan kenapa salah satu pegawai kita belum datang. Aku jelas tidak tahu. Aku di rumah, si pegawai entah di mana. Maka aku jawab saja, ‘ya ga tahu..’.
Selanjutnya Kung teriak-teriak di telp dan berulang-ulang mengatakan

‘Anton belum dateng! Anton belum dateng!! Aku ordernya gimana?’


Kaget? Jelas. Karena aku merasa tidak tahu menahu dan tidak ada hubungannya dengan keterlambatan pegawai kami itu. Maka aku tak kalah kenceng teriak-teriak.

‘Aku ga tahu! Anton ga sms aku! Ya udah coba aku hubungi Anton dulu!’


Klik. Telepon mati. Bukan dari pihak ku. Ok, aku tahu Kung di sana pasti marah. Tapi bagaimana dengan ku? Apa aku tak boleh marah? Kenapa aku dibentak-bentak hanya karena tak tahu kemana si pegawai itu?


Beberapa jam berlalu. Tanpa sms, tanpa telp. Hingga akhirnya menjelang tengah malam kami sms-an lagi. Membahas ‘incident‘ kecil tadi. Dan ternyata, Kung tadi teriak karena dia sedang di pinggir jalan dan banyak kendaraan yang bising. See?
Mungkin di sini kesannya jadi aku yang salah, aku yang emosional. Aku yang tak mau mengerti kondisi di sana.
Tapi, kemudian muncul pertanyaan di otak ku. Kenapa tadi dia tak menjelaskan kalau dia di pinggir jalan dan bising? Karena dari telp ku tidak terdengar kebisingan itu (ya.. mungkin karena dia cukup kencang teriak).

Sepele sekali kan masalahnya? Tapi cukup membuat kuping panas dan hati ikut panas.

Apa susahnya dia menjelaskan kalau posisi sedang di pinggir jalan?
Apa susahnya aku bertanya pelan-pelan kenapa dia berteriak?
Apa susahnya kami berbicara lebih tenang dan lebih manis?

Ini masalah sepele saja.

Leave a Reply

