Healthy Recipe : Lemon, Cucumber, Mint + Water

Heyhoo cakeps… Happy Weekend ya..

Belom punya rencana untuk weekend ini? Gimana kalau aku kasih resep minuman sehat simple dan kaya manfaat.

Ini adalah resep ‘rahasia’ (aihhh…) yang udah aku praktekin sejak Juni 2012 kemarin. Awalnya, nemu resep ini di Pinterest , dibaca-baca kok kayanya seger ya… langsung deh repin and ngacir ke Superindo beli bahan-bahannya yang emang rada susah kalau dicari di pasar tradisional.

Bahannya:Β 

Bahan-Bahan yang perlu disiapkan

1 buah lemon

1 buah timun ukuran sedang (atau kalau adanya yang gede ya pake separuh aja)

10-15 lembar daun mint

2 lt air putih

————-

Sebelum aku kasih tahu cara buatnya, lihat dulu gambar yang aku dapat dari Pinterest ya..

Lemon Water – Pic From Pinterest

Lemon Water – Pic From Pinterest

See.. looks so fresh and yummy kan..

Nah, sekarang cara buatnya gampang banget nih. Bahan-bahan tadi (kecuali air.. ;) ) dicuci bersih kalau perlu ulang 2-3x, kemudian Lemon dan Timun dipotong bulat-bulat dan jangan terlalu tebal. Kemudian masukkan dalam pitcher atau teko atau apalah punyanya :), tambahkan daun mint dan air, kemudian diamkan dalam lemari es selama satu malam atau minimal 8 jam.

Potong Lemon dan Timun

Simpan di Kulkas Selama 1 Malam..

Minum 1-2 gelas per hari, paling enak di pagi hari sebelum beraktivitas atau setelah berolahraga.

Manfaat minuman ini apa?

Salah satu manfaat utama dalam air lemon adalah membantu penurunan / menjaga berat badan idealΒ dan memberikan tubuh Β elektrolit alami.

Air Lemon ini juga sumber vitamin C dan antioksidan alami yang membantu untuk menjaga energi tubuh saat diet atau setelah beraktivitas. Bisa buat ‘tameng’ juga untuk menjaga badan dari virus flu apa lagi musim hujan seperti ini.

Berfungsi juga sebagai detox alami. Jadi jangan kaget kalau setelah minum ini akan sering buang air kecil, itu justru pertanda bagus.

Tidak hanya itu, karena kandungan vitamin C yang tinggi, resep ini juga bermanfaat untuk peremajaan kulit, tampak lebih bercahaya dan bisa untuk anti-aging alami. (Hayoo inget-inget ada kan iklan produk pencerah kulit yang -katanya- berbahan dasar lemon.. model iklannya Bella). Tapi ini alami lho… tanpa proses kimiawi.

Tapi harus diingat, karena ini resep alami, ga ada tuh hasil yang instant. Jadi jangan baru nyoba sekali terus nuntut kok berat badan ku belum turun, kok kulit ku masih kusam, dll… No darling… ini resep alami.. sekali lagi ALAMI… kalau mau yang instant operasi atau ke dokter kulit aja.. :)

Tapi yang pasti ini jauhhhh lebih aman dari pada tindakan medis untuk kecantikan.

Kalau aku, satu pitcher itu diminum 2x sehari bisa habis dalam 3 hari.

Lalu setelah air habis langsung dibuang? ohhh.. jangan.. masih ada manfaatnya tuh.

Ampas setelah 3 hari ini masih bisa dimanfaatkan:

  1. Dijadikan Masker : ambil potongan lemon sekitar 2-3 slices, gosok langsung ke wajah dan leher (depan belakang ya.. jangan sampe leher depan belakang beda warna), tapi jangan ke kulit yang sedang berjerawat ya. Sisa lemon gosokkan ke bagian tubuh lain yang sering kering seperti siku, lutut atau bisa juga di punggung tangan-kaki. Tunggu sampai mengering sekitar 1 jam. Irisan timunnya bisa untuk kompres mata sementara menunggu masker lemon kering. Lakukan 1 minggu 1x.
  2. Dijadikan Creambath: kalau belum waktunya maskeran, ampas lemon ini bisa untuk perawatan rambut dan kulit kepala lho. Pertama, tentukan jenis rambut kamu, kalau rambut mu cenderung berminyak, irisan lemon tadi langsung digosok-gosokan ke kulit kepala dan rambut. Fungsinya untuk mencegah ketombe dan mengurangi kadar minyak berlebih.Β Kalau rambut kamu jenisnya kering, peras semua irisan lemon tadi di mangkuk, kalau bisa peras sampai benar-benar habis airnya lalu tambahkam santan. Balurkan di rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat, diamkan sampai kering bisa 1 jam lebih, baru dibilas dengan shampoo. Lakukan 1-2x seminggu.

Banyak manfaatnya kan..

Kalau untuk daun mintnya sayangnya, daun mint sisa ampas ga bisa dipake lagi. Aroma segarnya juga sudah hilang. Tapi, kalau mau kreatif, daun mint baru bisa dijadikan es batu.

Gampang kan, daun mint dicuci, masukkan satu per satu ke wadah es batu, beri air, masukkan freezer. Tunggu beberapa jam, siap dinikmati bersama air putih, teh, jeruk nipis, jeruk peras, dll. Bahkan suami ku pernah coba pake minuman bersoda.. duh… tambah semriwing…

Sekali lagi aku ingatkan, karena ini bahan alami, jadi jangan menuntut hasilnya bisa cepat. Harus telaten. Tapi percaya deh, bener-bener bermanfaat untuk tubuh. Pasti bangga dong kalau 10 tahun lagi kita reunian dan kita tampak lebih muda dari teman-teman lain, kulit lebih sehat, lebih kencang dan lebih fresh! Plus.. suami betah di rumah.. :)

So, tertarik mencoba?

Well.. selamat mencoba..

13 thoughts on “Healthy Recipe : Lemon, Cucumber, Mint + Water

  1. bisa. karena lemon water bisa membantu metabolisme di pagi hari setelah kita ‘puasa’ sekitar 7 jam (waktu tidur). Bangun tidur minum dulu air putih sebelum sikat gigi atau kegiatan apa pun. Selang 1 jam bisa minum lemon water ini.

  2. mba? setelah mba nyoba mba beneran jadi langsing gakk?? tolong di jawab yaaa… terus terus mba, apa bedanya kalau pake sirup maple? soalnya saya cari juga ada yang harus pake sirup maple .. gimana tuh mbaaa?? jawabb yaa

  3. penurunan kelebihan berat badan dengan lemon water itu ga instant ya say… perlu waktu lama dan dibarengi dengan pola hidup sehat. Kurangi garam, lemak trans dan karbo cukup membantu. Dan lemon water ini lebih bagus jika fokus pada detox dari racun-racun makanan dan radikal bebas. Karena ini bukan obat pencahar yang instant bakar lemak dan nguras-nguras isi perut. Juga banyak gerak seperti olah raga atau aktivitas lain. Saya sendiri turun berat badan tapi ga langsung banyak. Itu pun dibantu rutin olah raga. Sirup maple itu gunanya untuk pemanis aja.. lebih bagus kalo diganti madu.

  4. lebih bagus masuk kulkas. karena menjaga temperatur dan memperlambat lemon timun dan mint jadi layu. Kalo di suhu ruangan bahan-bahan tersebut cepat jadi cokelat. Kalo sedang mengurangi minum dingin, sebelum di minum diamkan dulu di suhu ruangan setelah dikeluarkan dari kulkas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s